Thursday 3 October 2013

Gedhe Rumongso

Belajar dari sebuah istilah "Ge Er= Gedhe Rumongso", bahwa kadang ekspresi seseorang yang kita tunggu ternyata tidak sesuai dengan bayangan atau keinginan kita, disitulah timbul rasa kecewa. 

*** 
     Ani menyeka keringat. Ia mengambil tissue kertas dari dalam tasnya, lalu menyeka seluruh mukanya. Aku memperhatikan dari jauh lalu mendekat. Oh... ternyata ia sedang menangis, berkali-kali menyeka air mata, namun pipinya tetap basah karena tak bisa berhenti menangis. "Aku kecewa dengan orang tuaku," katanya sambil tetap mengusap mata, dan berkali-kali pula ia mengambil lembaran tissue.
     Tak perlu kubertanya apa sebab ia menangis, karena dengan sukarela ia mencurahkan isi hatinya. "Aku tak pernah minta bantuan siapapun, termasuk mama papa, tapi mengapa saat aku benar-benar membutuhkan bantuan, sikap mereka mengecewakan?"protes Ani kepadaku, seolah-olah aku memiliki jawabannya. "Bantuan seperti apa yang kauharapkan?"tanyaku perlahan, namun semakin deras saja air matanya mengalir. "Sebetulnya aku bisa melakukannya sendiri, namun kali ini aku ingin melibatkan mereka. Aku ingin berbagi beban, tidak banyak," Ani mulai tenang, namun matanya sembab dan merah. "Aku hanya ingin ditemaniii...! Aku ingin pergi kesana dengan mama papa, agar ia mengerti bagaimana keseharianku selama ini!"lanjutnya, kali ini dengan nada meninggi. Emosi kembali menghinggapinya. "Sabar Ani, mungkin mereka sangat sibuk,"hiburku. "Tidak, mereka menganggapku mampu dan mandiri, karena selama ini aku tak pernah melibatkan mereka. Tak pernah.." Suara Ani melemah, diiringi nafas panjang saat angin sepoi-sepoi berhembus di sela-sela dedaunan pohon rindang tempat kami berteduh saat ini. 

 *** 
Note : Maka, untuk memetik pelajaran dari yang pernah dialami, tidaklah pantas menggantungkan kebahagiaan pada orang lain. Diri kita berhak bahagia tanpa menunggu ekspresi baik orang lain yang kita dambakan. Sudah.. Sudah.. Gantungkanlah harapan pada yang maha kuasa saja... Supaya diri menjadi tenang. (RD)

No comments:

Post a Comment

Senang sekali Anda sudah mau berkunjung. Jika berkenan meninggalkan komentar di sini tempatnya... terima kasih.