Friday 22 January 2010

Susunan yang belum jadi

Seperti sedang membangun sebuah istana pasir, satu persatu susunan pasir yang tercetak dari timba plastik di susun. Belum jadi sebuah istana tiba-tiba ada salah satu bagian yang roboh. Setelah selesai diperbaiki, tidak lama kemudian roboh lagi bagian yang lain, hingga waktu terbuang hanya untuk merenovasi istana setengah jadi tersebut.

Kira-kira seperti itulah situasi yang sedang kualami asaat ini. Mungkin terlalu perfeksionis atau tidak, yang jelas aku menginginkan sebuah situasi yang mendekati sempurna. Pada saat mengerjakan tugas-tugas kecil yang banyak jumlahnya, belum selesai tugas yang satu sudah ada tugas lain memanggil. Atau baru saja selesai satu tugas dan akan mengerjakan tugas berikutnya, tiba-tiba tugas sebelumnya dinyatakan salah dan harus segera dikoreksi. Jadi kadang kala pikiran ini tak mampu menghadapi semuanya secara bersamaan. Mungkin juga kurang cepat atau belum terbiasa. Yang jelas semakin lama semakin menumpuk tugas-tugas lama maupun yang baru.

Perlu segera diambil tindakan dengan cara, pertama menetapkan jadwal setiap hari, menetapkan target dan belajar mengatasi ketidakmampuan dalam bidang tertentu. Setelah lihai dan cekatan dalam bidang tertentu, otomatis waktu yang dibutuhkan akan lebih singkat untuk diselesaikan setiap harinya. Apalagi pekerjaan tersebut merupakan pekerjaan monoton yang diulang-ulang dan hanya membutuhkan ketrampilan.

Setelah terampil dan berhasil atau suatu pekerjaan yang dirasa sulit sebelumnya, seolah menjadi candu atau terobsesi untuk menambah kuantitas dari pekerjaan tersebut. Semacam ada rasa ingin menumpuk atau mengoleksi hasil karya atas hasil pekerjaan yang serupa.

Syndrom apakah gerangan. Selalu merasa terobsesi untuk melakukan hal yang sama berulang-ulang setiap harinya. Selalu mengeluh jika pekerjaan tersebut terlalu banyak dan akhirnya menumpuk. Namun juga merasa hampa jika semua pekerjaan selesai sebelum waktunya. Jadi melongo, melamun kira-kira apa lagi yang bisa dikerjakan.

Apakah aku sudah terkena syndrom workaholic...

No comments:

Post a Comment

Senang sekali Anda sudah mau berkunjung. Jika berkenan meninggalkan komentar di sini tempatnya... terima kasih.